Grab Indonesia Jalin Kerjasama dengan Kemenparkraf Perangi Covid-19

0
82

Grab Indonesia hari ini meresmikan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) untuk mendukung upaya pemerintah dalam memerangi pandemi COVID-19. Dengan kerja sama ini, Grab dan Kemenparekraf akan menyediakan layanan armada roda empat khusus untuk 73 tenaga kesehatan yang bepergian antara Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo (RSAL Mintoharjo) dan Le Meridien Hotel.

Sejak awal pandemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia telah menetapkan beberapa hotel sebagai tempat akomodasi bagi tenaga kesehatan, untuk memastikan mereka memiliki tempat beristirahat yang nyaman dan dekat dengan rumah sakit mereka. Di sisi lain, hal ini juga bertujuan untuk mendukung bisnis hotel. Armada khusus ini akan menghadirkan layanan yang aman dan nyaman untuk menuju tempat bertugas. Grab juga akan terus memperluas armada khusus ini ke berbagai rumah sakit rujukan untuk mendukung pemerintah dalam menangani COVID-19.

Kerja sama ini diresmikan oleh Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia di Hotel Le Meridien, Jakarta.

Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia, menyatakan, “Saat ini pemerintah tengah masuk masa tanggap darurat dan penanganan serta pencegahan penyebaran virus ini menjadi fokus utama dari pemerintah. Kami telah menunjuk beberapa hotel sebagai tempat menginap bagi tenaga kesehatan, yang harapannya bisa memberi dukungan dan kemudahan bagi mereka untuk bekerja di Rumah Sakit Rujukan COVID-19 serta memberi dukungan bagi bisnis hotel. Kami sangat senang bahwa Grab juga turut berpartisipasi untuk menyediakan moda transportasi khusus yang menjamin kebersihan dan keselamatan penumpang dan juga mitra pengemudi.  Kami yakin kolaborasi ini dapat memberikan rasa aman bagi mobilitas tenaga kesehatan maupun masyarakat yang membutuhkan di masa pandemi ini serta kedepannya mendukung industri pariwisata Indonesia untuk bangkit kembali.”

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, menyatakan, “Kita semua berjuang untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di Indonesia dengan peran kita masing-masing. Sementara sebagian besar dari kita tinggal di rumah, kita tahu bahwa masih banyak masyarakat yang memiliki tugas dan tanggung jawab di luar rumah, termasuk para tenaga kesehatan. Untuk memastikan mobilitas yang aman selama masa PSBB, kami telah menghadirkan armada roda empat khusus dengan standar keamanan terpadu dan kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk membantu mobilitas para tenaga kesehatan dalam beristirahat setelah bertugas dalam menangani pasien COVID-19. Sejalan dengan misi GrabForGood untuk membawa dampak positif dari teknologi, kami juga siap untuk bisa mendukung industri pariwisata bangkit.”

Grab luncurkan armada roda empat khusus bagi garda terdepan sebagai solusi mobilitas terbaru dengan standar keamanan ekstra di saat pandemi.

Sebagai komitmen Grab dalam menyediakan layanan transportasi yang aman dan nyaman, khususnya dalam masa pandemi dan perluasan PSBB di berbagai daerah di Indonesia, Grab mendedikasikan armada roda empat khusus yang akan melayani para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam melawan pandemi COVID-19 di Indonesia. Armada khusus ini dilengkapi partisi plastik di dalam mobil yang melindungi pengemudi dan penumpang, serta didesinfeksi secara berkala.

Ini merupakan 5 perlindungan extra yang ditawarkan pada armada roda empat khusus bagi garda terdepan:

  1. Kapasitas maksimal 3 penumpang untuk jaga jarak aman
  2. Partisi plastik untuk melindungi pengemudi dan penumpang
  3. Mitra pengemudi mendapat pelatihan SOP khusus terkait pencegahan penyebaran COVID-19
  4. Mitra pengemudi dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (masker, sarung tangan dan hand sanitizers)
  5. Penyemprotan desinfektan pada mobil secara berkala (sebelum dan sesudah mengantarkan penumpang)

Armada roda empat khusus, yang akan melayani para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam melawan pandemi COVID-19 di Indonesia, akan tersedia dalam pilihan berikut:

  1. Armada khusus GrabCar, GrabCar Electric powered by Hyundai dan GreenLine Taxi bagi RS Rujukan COVID-19 bekerjasama dengan Kemenparekraf: Armada ini telah tersedia untuk melayani mobilitas garda terdepan dari Hotel Le-Meridien ke Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Jakarta, RSAL Mintohardjo. Armada khusus ini akan dapat digunakan oleh para tenaga kesehatan di RS Angkatan Laut Mintoharjo melalui layanan Concierge Web Booking yang telah tersedia di Hotel Le Meridien. Para tenaga kesehatan dapat melakukan pemesanan dengan bantuan tim petugas Grab yang telah siap siaga sesuai dengan jadwal penjagaan mereka. Selama masa pandemi ini, para tenaga kesehatan tidak akan dikenakan biaya dalam menggunakan armada GrabCar khusus ini karena layanan ini telah dibantu oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Grab melalui skema Grab For Business, sebagai bagian dari upaya pemerintah mendukung kinerja para tenaga kesehatan dalam menangani pandemi ini. Grab juga akan terus ekspansi armada khusus ini ke berbagai RS rujukan untuk mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19.
  2. GrabCar Elektrik powered by Hyundai: Armada GrabCar Elektrik yang juga dilengkapi perlindungan ekstra seperti armada roda empat khusus juga akan tersedia secara gratis di tiga rumah sakit pilihan yaitu Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI Sulianti Saroso), Rumah Sakit Umum Persahabatan (RSUP Persahabatan) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD Gatot Soebroto) untuk melayani mobilitas para tenaga kesehatan. Untuk rute perjalanannya, tenaga kesehatan dari dan ke RSPI Sulianti Saroso serta RSUP Persahabatan bisa diantar dan dijemput dari berbagai titik penjemputan di daerah Jabodetabek, sementara tenaga kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, bisa diantar dan dijemput dari The Media Hotel and Towers yang telah dialokasikan sebagai tempat istirahat para tenaga kesehatan yang bertugas menangani COVID-19.

Armada transportasi khusus yang didedikasikan bagi garda terdepan diatas akan dilayani oleh mitra pengemudi yang sebelumnya telah secara sukarela menyediakan layanan transportasi yang aman bagi para tenaga kesehatan.

“Kami berharap bahwa upaya kami dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam mengurangi penyebaran kurva COVID-19 di Indonesia. Ini juga merupakan bagian dari misi GrabForGood kami dimana kami selalu berusaha untuk dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia melalui inovasi kami yang kami miliki di ekosistem kami,” tutup Ridzki.

Photo Credit : GrabID

Tinggalkan Balasan