Alasan Mengapa Mengkonsumsi Kopi Setiap Hari Baik Untuk Kesehatan?

0
62

Akhir –akhir ini banyak bermunculan kedai kopi. Bahkan para pekerja milenial kebanyakan menghabiskan waktunya untuk bekerja didalam kedai Kopi sambil menikmati berbagai macam tipe kopi, taukah anda jika mengkonsumsi kopi banyak yang beranggapan bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan. Iya benar, jika mengkonsumsinya dengan gula yang berlebihan.

Namun dibalik dampak negatifnya ternyata kopi memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh jika diminum setiap hari tanpa menggunakan gula yang berlebihan, dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah alasan jika kopi aman diminum setiap hari dan baik bagi kesehatan tubuh :

Kopi Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Kafein yang ada didalam kopi dipercaya dapat membuat tubuh menjadi semangat. Karena kafein pada dasarnya mampu mempengaruhi cara kerja otak dan member efek rangsangan. Sehingga efek rangsangan kafein ke otak dapat meningkatkan fungsi otak dan kesaran bagi orang yang meminumnya. Biasanya orang yang bekerja sambil minum kopi akan mendapatkan energy untuk berfikir, bekerja dan kreativitasnya mudah tumbuh.

Kopi Membantu Metabolisme Tubuh

Secara penelitian Kafein terbukti dapat meningkatkan proses metabolisme sebesar 3-11%. Penelitian lain menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada orang yang menderita obesitas Kafein Meningkatkan Performa Fisik Secara Drastis.

Selaim itu kandungan kafein pada kopi juga meningkatkan level adrenalin di dalam darah. Adrenalin membuat fisik kita siap untuk bekerja keras. Maka jangan heran bila setelah minum kopi tubuh lebih enteng dan semangat untuk bekerja

Kopi adalah sumber antioksidan

Selain mengkonsumsi buah dan sayuran, ternyata lopi mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan penelitian menunjukan bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada sayuran dan buah.

Kopi Dapat Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang sangat besar. Penelitian menunjukan bahwa resiko para penikmat kopi untuk terkena diabetes tipe 2 adalah 23-50% lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminum kopi, tentunya untuk mengurangi resiko  Diabetes Tipe 2, mengkonsumsi kopi tanpa gula

Kopi Dapat Melindungi Dari Penyakit Alzheimer Dan Dimensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit penurunan kemampuan saraf yang sangat umum dan penyebab utama dimensia. Umumnya penderitanya adalah orang tua dengan umur lebih dari 65 tahun. Dengan meminum kopi, dapat meningkatkan kemampuan saraf untuk terhindar dari penyakit tersebut.

Kopi Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Berdasarkan penelitian kopi berkhasiat untuk mengurangi peluang terkena dua jenis kanker, yaitu kanker liver (40%) dan usus besar (15%).

Jadi kesimpulannya kopi aman diminum setiap hari asalkan tidak berlebihan dan tidak terlalu banyak gula didalamnya. Disarankan minum kopi maksimal 2 gelas sehari supaya tidak kelebihan kafein. Bagi para pekerja milenial minumlah kopi saat pagi hari atau saat mata mulai ngantuk agar aktivitas lebih lancar dan berkonsentrasi.

Terpenting adalah, jangan lupa diimbangi dengan pola hidup yang sehat dan istirahat yang cukup agar tetap sehat dan bugar menjalani kehidupan.

Credit Photo : Georgo Petrov

Tinggalkan Balasan